Selasa, 13 Januari 2009

DANIEL SHANKS AND JOHN WRENCH



Daniel Shanks lahir pada tanggal 17 Januari 1917 di Chicago. Di kota besar itulah Daniel Shanks mendapat gelar B. S ilmu fisika pada tahun 1937 dari Universitas Chicago. Di tahun 1940 ia bekerja sebagai ahli fisika di Aberdeen Proving Gounds dan Naval Ordinance Laboratory hingga tahun 1950. Di tahun 1951 ia telah menjadi seorang ahli matematika. Sepanjang tahun 1951 sampai 1957 dia memimpin Numerical Analysis Section dan Penerapan laboratorium Matematika. Daniel Shanks meninggalkannya pada tahun 1957 untuk menjadi konsultan dan senior riset di Departemen Perhitungan Matematika dari kapal kelautan R dan D Laboratorium di David Taylor Model Basin. Tahun 1976, setelah menyelesaikan pekerjaannya, ia memutuskan untuk mengundurkan diri, dan satu tahun Daniel Shanks menjadi pekerja tamu Standard Burreau Nasional. Dia bergabung dengan Departemen matematika di Universitas Maryland dan menjadi professor pada tahun 1977 dan tinggal di sana sampai akhir hidupnya di tanggal 6 September 1996. Daniel Shanks adalah seorang penyelamat bagi dua saudarinya, para putranya Leonard dan Olivers, seorang anak angkat laki-laki, Gabriel dan dua cucunya.


Dan, (Daniel Shanks meminta setiap orang untuk memanggilnya Dan) yang diterima Ph. D. dari Universitas Maryland tahun 1954. Hasil presentasi tesisnya mengejutkan Departemen Matematika. Dengan posisinya tersebut, ia mengusulkan bahwa Ph.D. dalam matematika memerlukan kualitas mutu yang cukup. Tesis Daniel Shanks dipublikasikan pada tahun 1955 dalam Journal Matematika dan Fisika, berjudul “Nonlinear transformations of Divergent and Slowly Convergent sequences”. Hal itu dikenal dengan metode mempercepat konvergen dengan barisan konvergen. Transformasi yang dikenalkan olehnya dikenal sebagai Transformasi Shanks. Dan dianggap sebagai salah satu catatan penting dalam pekerjannya.


Dan bertindak sebagai seorang editor Komputasi Matematika dari tahun 1959 sampai dia meninggal. Hampir di setiap periode Dan aktif dalam semua aspek yang menyangkut operasi journal melalui usaha pekerjaan terbitan miliknya, ia sangat menghormati dokumen seperti persamaan particular, memberikan harapan kepada matematika muda dalam riset mereka, meninjau ulang tabel, copy editing dan bahkan ketika mendapat kesempatan dituntut memanage editor. Dan banyak memperlihatkan bahwa tabel adalah cukup panjang, terperinci, untuk dokumen mereka sendiri. Ia juga bertindak sebagai penjaga atau wali dari UMT (Unpublished Mathematical Tables) file. Kebetulan, file ini tidak lagi dijaga oleh Mathematics of Computation, apakah untuk sementara bermaksud sampai usaha seorang dermawan Duncan Buell, Pusat Ilmu Perhitungan di Bowie, MD. Hal itu diharapkan bahwa rumah permanent dari UMT akan segera ditemukan. Pada tahun 1987 Dan dihormati oleh penerbitan khusus Mathematics of Computation yang mempersembahkan untuk dirinya dalam rangka memperingati ulang tahunnya ke 70 dan memperingati banyak kontribusinya tentang teori bilangan komputasi. Karena dalam penelitian ini aktivitas journal yang ia buat memberikan kontribusi yang sangat baik yaitu M of C, secara berkala sekarang telah memiliki pilihan journal untuk dipublikasikan dalam kedua analisis bilangan dan teori bilangan komputasi. Hal ini merupakan perpaduan yang agak aneh dalam area yang diaktifkan melalui D. H. Lehmer’S asosiasi dengan M of C sampai pada permulaan tahun 1943, ketika disebut Mathematical Tables and Other Aids to Computation (MTAC). Komponen teori bilangan M of C tetap digunakan sampai saat ini yang merupakan bagian kecil yang berkaitan dengan Dan’S yang usahanya tak kunjung letih.


Dan menulis delapan puluh dokumen dan membukukannya. Sumbangan Dan diantaranya adalah Analisis Numerik, Distribusi prima, rangkaian Dirichlet, Format kuadrat (bidang), Penggolongan kelas (invariant), Algoritma komputasi dalam jumlah bidang derajat tingkat 3 dan 4. Ia juga menulis beberapa topic lain seperti: radiasi badan hitam, ballistics, mathematical identities, Epstein zeta function, rumus dan uji primality untuk bentuk kubus. Dokumen Dan’S menandai pendekatan bersifat percobaan hasil pelatihannya sebagai ahli fisika.

Dan’S, pekerjaan awalnya (1951-1958) sebagian besar pada topic Analisis Numerik, sebagai minatnya di tahun 1962 dia terkenal dengan catatan terkenalnya. Dia bekerja dengan John Wrench dalam komputasi bilangan ke 100,000 sistim decimal, suatu peningkatan besar-besaran pekerjaannya dalam masalah ini. Beberapa gagasan baru mengakibatkan catatan besar skala komputasi, tetapi Dan tidak tampak dihormati seperti pada pekerjaannya dahulu. Tahun 1962 dia mempublikasikan buku edisi pertamanya yang berjudul “Solved and Unsolved Problems in Number Theory”. Hal ini merupakan sesuatu yang mempesona, luar biasa, provokatif, dan buku yang mempesona dalam Teori dasar bilangan, dan dilanjutkan tiga edisi sampai yang terakhir di tahun 1993. Ini merupakan pekerjaan keduanya yang sangat membanggakan Dan’S.




Sumber: http://www.ams.org/notices/199707/comm-shanks.pdf

http://www.cse.sc.edu/~buell/Public_Data/daniel.html


http://en.wikipedia.org/wiki/Daniel_Shanks




Christiana S (05301244079)

Tidak ada komentar: